MATERI PEMBELAJARAN 3 (PKK)

Materi Pembelajaran 3

materi pembelajaran
1.menguraikan pengertian peluang usaha
2.menguraikan sumber peluang usaha
3.menganalisis peluang usaha
4.menguraikan resiko usaha
5..mencontohkan peluang usaha sesuai program keahlian
6.merencanakan peluang usaha di lingkungan sekolah dan tempat tinggal
7.mencontohkan spesifikasi produk pada peluang tersebut

1.pengertian peluang usaha
Pengertian peluang usaha adalah sebuah kesempatan atau kemungkinan yang dimiliki seseorang untuk dapat mencapai tujuan dengan melakukan sebuah usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada.Dalam melakukan sebuah usaha kita harus melihat dan memikirkan langkah-langkah kedepan tentang seberapa lama dan mungkin usaha tersebut dapat tersebut berjalan dan berkembang. Faktanya kebanyakan calon pebisnis saat ini lebih memikirkan apa yang sedang populer sekarang, dan pada akhirnya saat usaha yang sedang dilakukan itu sudah tidak efektif lagi maka pembisnis mengalami kerugian.

2.sumberpeluang usaha
a. Dari diri sendiri
Peluang usaha yang memiliki potensial tinggi adalah dari diri sendiri, misalnya ide tersebut didapatkan dari hobi, keahlian pengetahuan dan dari riset atau pengamatan lingkungan, alasan mengapa peluang yang baik datangnya dari diri sendiri yaitu:

  • Karena untuk menjalankan usaha harus konsisten dan berkomitmen, sehingga usahawan harus menyukai usaha tersebut.
  • Karena untuk menjalankan usaha membutuhkan proses yang cukup panjang, sampai usaha tersebut membuat usahawan sukses dan bahagia.
  • Keberhasilan dalam menjalankan usaha yaitu dengan terus mencoba dan pantang menyerah, dengan didukung kreativitas serta memiliki pengetahuan yang mencukupi.
  • Usaha yang dimiliki orang tua yang terus di kembangkan lagi dan lagi, sehingga semakin besar dan luas.
  • Pada lingkungan rumah, bisa saja peluang untuk menjalankan usaha dapat muncul dari lingkungan sekitar rumah.
  • Kebiasaan diri sendiri juga dapat memunculkan ide atau peluang untuk menjalankan usaha, misalnya seseorang sering online sehingga mendapatkan ide untuk berbisnis online.
  • Keluhan konsumen terhadap barang atau jasa yang dijual di pasar.
  • Harapan konsumen terhadap barang dan jasa yang ada ataupun belum ada di pasar.
  • Saran dari konsumen terhadap barang atau jasa, dengan adanya saran usahawan dapat memperbaiki lagi barang atau jasa yang dijualnya atau membuat barang yang baru supaya konsumen merasa puas.
  • Permintaan konsumen terhadap barang dan jasa, dengan keinginan konsumen terhadap barang atau jasa jika seorang usahawan dapat membaca situasi ini dengan baik maka akan menjadi sumber ide untuk membuka usaha sehingga mendapatkan keuntungan.
  • Perubahan gaya hidup pada manusia, dapat dikatakan gaya hidup manusia jaman sekarang semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjalankan kehidupannya.
  • Perubahan peraturan yang dilakukan pemerintah dalam membuka serta menjalankan bisnis atau usaha.
  • Perubahan tekanan kerja yang semakin tinggi sehingga banyak orang yang membutuhkan hiburan.
  • Perubahan terhadap dunia Teknologi, Informasi dan Komunikasi, karena jaman sekarang manusia semakin membutuhkan yang namanya teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalankan hidup, dan lain-lain.

b. Dari lingkungan
Banyak sekali peluang untuk menjalankan usaha yang sumber idenya didapatkan dari lingkungan sekitar, misalnya:
c. Dari Konsumen
Permintaan konsumen terhadap barang atau jasa di pasar dapat menjadi sumber ide untuk membuka usaha, misalnya:
d. Dari perubahan-perubahan yang terjadi
Peluang usaha dapat muncul dari berbagai perubahan lingkungan jika orang tersebut mampu membaca situasi untuk melihat peluang usaha, misalnya:
  • Perubahan gaya hidup pada manusia, dapat dikatakan gaya hidup manusia jaman sekarang semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjalankan kehidupannya.
  • Perubahan peraturan yang dilakukan pemerintah dalam membuka serta menjalankan bisnis atau usaha.
  • Perubahan tekanan kerja yang semakin tinggi sehingga banyak orang yang membutuhkan hiburan.
  • Perubahan terhadap dunia Teknologi, Informasi dan Komunikasi, karena jaman sekarang manusia semakin membutuhkan yang namanya teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalankan hidup, dan lain-lain.
3.menganalisis Peluang Usaha
adalah kesempatan yang ada untuk bisa dimanfaatkan dalam memperoleh sebuah keuntungan bagi seorang wirausaha/wirausahawan.Banyak peluang yang disia-siakan sehingga berlalu begitu saja karena tidak semua orang dapat melihat peluang dan yang melihatpun belum tentu berani memanfaatkan peluang tersebut.Hanya wirausahawan yang dapat berpikir kreatif serta berani mengambil resiko itulah yang dengan tanggap dan cepat memanfaatkan peluang.Inspirasi merupakan sumber dari peluang, dan Inspirasi bisa muncul dari mana saja dan kapan saja,

Menganalisis Peluang Usaha dengan Analisis SWOT

Untuk dapat menganalisis peluang usaha bisa dengan menggunakan Analisis SWOT yaitu,

A. Strength adalah kekuatan apa yang akan mendukung usaha kita untuk mencapai sasaran.
B. Weakness adalah kelemahan apa yang membatasi atau menghambat usaha kita.
C. Opportunity adalah peluang usaha apa saja yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan
D. Threat adalah Ancaman apa saja yang terjadi saat kita berusaha.

Resep Dr.D. J. Schwartz tentang cara memanfaatkan peluang bisnis
adalah sebagai  berikut :

A. Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan.
B. Janganlah hadiri lingkungan yang statis yang akan melumpuhkan pikiran wirausahawan.
C. Setiap hari bertanyalah pada diri sendiri, “ bagaimana saya dapat melakukan usaha lebih baik ? “.
D. Bertanya dan dengarkanlah.
E.  Peluas pikiran anda

Dalam memanfaatkan peluang usaha Paul Charlap mengemukakan sebuah rumusan yang mencakup 4 unsur yang harus di miliki seorang wirausahawan :

1.    Work hard ( kerja keras )
2.    Work smart ( kerja cerdas )
3.    Enthusiasm ( kegairahan )
4.    Service ( pelayanan )

Sumber Informasi Peluang Usaha
Persyaratan sumber informasi peluang usaha antara lain :

1. Datanya harus lengkap
2. Dapat dipercaya dan masih berlaku.

Sumber informasi peluang usaha dapat diperoleh dari :

1. Bagian pemasaran dan penjualan
2. Kedudukan perusahaan di pasar
3. Bagian pembukuan
4. Hasil penelitian pasar
5. Konsumen/Pembeli/Pelanggan dan Distributor
6. Hasil penelitian pemasaran
7. Para pesaing
8. Wilayah niaga
9. Media massa, dll

Analisis Peluang Usaha berdasar jenis Produk/Jasa

A.    Minat seseorang, misalnya berminat dalam dunia perdagangan, jasa atau bidang lainya.
B.    Modal,apakah sudah tersedia modal awal atau belum, baik dalam bentuk uang maupun barang/mesin.
C.    Relasi, apakah ada keluarga atau teman yang sudah terlebih dahulu menekuni usaha yang sama.

Di samping itu, memiliki bidang usaha juga harus mempertimbangkan hal berikut :

A.    Pengaruh lingkungan sekitar.
B.    Banyak sedikitnya poermintaan masyarakat terhadap jenis usaha yang akan kita pilih.
C.    Kecocokan antara kebutuhan masyarakat dengan jenis usaha tertentu.
D.    Banyak sedikitnya pesaing.
E.    Adanya kemampuan untuk bertahan dan memenangkan persaingan.

Contoh peluang usaha dibidang Jasa yang sangat dibutuhkan masyarakat, antara lain sebagai berikut :

1.    Jasa servis
2.    Jasa hiburan
Contoh : Bioskop, Kafe, Layar Tancap, dan sebagainya.
3.    Jasa transportasi
Contoh : Menyediakan Angkutan antar jemput anak sekolah, Rental Mobil, dan sebagainya.

Analisis Peluang Usaha Berdasar Minat dan daya beli Konsumen.
Untuk mengetahui besar-kecilnya minat masyarakat terhadap usaha yang kita dirikan, kita bisa melakukan Observasi. Observasi ini bisa dilakukan dengan cara :

A.    Mengadakan pengamatan langsung ke pasar,
B.    Melakukan wawancara,
C.    Memberikan angket untuk diisi oleh calon konsumen.

Cara kedua yaitu kita harus meneliti siapa konsumen yang akan menggunakan produk kita.

Hubungan antara minat, daya beli dan kelangsungan usaha adalah dapat digambarkan sebagai berikut :
A.    Minat besar, daya beli kuat, kelangsungan usaha terjamin.
B.    Minat besar, daya beli rendah, kelangsungan usaha terhambat.
C.    Minat rendah, daya beli rendah, usaha tidak dapat berlangsung.

4.menguraikan resiko usaha

Dalam kondisi yang penuh ketidakpastian dan ketatnya  persaingan usaha, Anda tidak mungkin menghindari risiko. Salah satu cara yang efektif dan efisien dalam menghadapi risiko adalah dengan mengenali jenis-jenis risiko itu sendiri..     Jenisjenis risiko yang sering terjadi dalam dunia usaha dan    rwirausaha adalah sebagai berikut.

1.      Risiko Perusahaan   
Risiko perusahaan adalah risiko yang terjadi pada usaha    anda yang akan berdampak pada kelangsungan hidup atau saham    perusuhaan Anda. .
Contoh:
Ø      Perusahaan Anda didemo oleh warga karena masalah pencemaran lingkungan. Oleh karena itu lokasi
      usaha Anda dipaksa tutup oleh pemerintah setempat.
Ø      Pemerintah baru saja mengesahkan peraturan baru yang berkaitan dengan kelangsungan perusahaan Anda.

  2    Risiko Keuangan
        Risiko keuangan adalah risiko yang berdampak kerugian pada aspekek keuangan perusahaan.
        Contoh:
        Risiko selisih kurs mata uang. Bila produk Anda dibeli dengan kurs mata uang asing, ada risiko
        kerugian  akibat perubahan nilai kurs yakni ketika anda membayar denngan mata uang asing tersebut.

3.     Risiko Likuiditas (Ketersediaan Uang Tunai)
      Risiko likuiditas terjadi ketika ada tagihan macet dari pelanggan yang menyebabkan permasalahan
      dalam ketersediaan uang tunai (likuiditas) perusahaan. Hal ini bisa berdampak pada kerugian tingkat
      bunga dan kesulitan dalam membayar gaji karyawan.

4.    Risiko Permodalan
      Risiko permodalan adalah risiko yang terjadi karena kerugian penjualan, likuiditas, dan keuangan
      yang membuat modal usaha Andamengalami penurunan yang signifikan (rugi besar). Hal ini harus
      segera diatasi dengan meneliti dan mengevaluasi faktor penyebabnya.
 5.    Risiko Pasar
        Risiko pasar, yaitu risiko yang terjadi akibat persaingan usaha, perubahan pola persaingan, daya hidup
        pelanganggan, maupun munculnya pesaing baru yang potensial di pasar produk Anda. Dampak yang
        muncul adalah berkurangnya angka persentase pasar dan omnzet penjualan.

 6.    Risiko Operaional

       Risiko operasional:adalah risiko dari penyimpangan hasiyang diprediksikan karena tidak 
       sempurnanya penerapan keputusan, perubahan sistem, SDM, teknologi, produktivitas, inovasi, proses
       dan mutu produk.
5.mencontohkan peluang usaha

1. Servis Alat Elektronik
Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa seorang teknisi elektronika pasti mahir dalam memperbaiki berbagai macam alat elektronik. Bagi anda yang memiliki kemampuan teknik elektronika yang mumpuni, bisa coba buka jasa servis atau perbaikan alat-alat elektronik. Bisnis ini terbilang mudah dan menjanjikan dan tidak memerlukan modal yang besar.
2. Jual Komponen Elektronika
Untuk anda yang hobi elektronika dan suka berjualan, bisa coba mulai menjual komponen-komponen elektronika. Untuk berjualan komponen elektronika anda tidak perlu membangun sebuah toko atau sewa ruko yang pasti memerlukan biaya yang besar. Untuk mensiasatinya, anda bisa coba memanfaatkan media online sebagai cara pemasaran anda. Selain lebih murah, jangkauannya pun juga lebih luas.
3. Jasa Buat Rangkaian
Saat ini banyak sekali orang yang mencari alat-alat elekronika melalui media online. Jika anda memiliki kemampuan merakit komponen elektronika yang baik, coba buka jasa pembuatan rangkaian atau kit modul tertentu seperti rangkaian power bank, sampai dengan charger untuk mengisi aki otomatis.
4. Buka Pelatihan
Memiliki kemampuan teknisi elektronika yang mumpuni bisa anda manfaatkan untuk membuka pelatihan bagi para teknisi elektronika pemula. Untuk tahap percobaan, anda tak perlu mematok biaya yang mahal terlebih dahulu. Setelah pelatihan anda memiliki nama di masyarakat, barulah anda mulai beraksi.
5. Jual Beli Barang Elektronik
Saat ini banyak situs ecommerce seperti tokopedia dan lain-lain yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan jual beli barang elektronik baik yang baru ataupun yang bekas. Anda bisa beli barang elektronik rusak dengan harga murah, lalu anda perbaiki dan jual dengan harga yang lebih tinggi.
6. Merencanakan Peluang usaha di lingkungan sekolah dan tempat tinggal

1.Usaha Foto Copy

Salah satu jenis usaha yang cocok dijalankan di sekitar lingkungan sekolahan yaitu usaha foto copy.Usaha tersebut sangat pas dan cocok sekali anda jalankan dekat sekolah atau perkampusan,pasalnya foto copy sangat di butuhkan oleh para siswa Karena biasanya ada tugas sekolah yang mengharuskan mereka untuk memfot copynya.Sehingga usaha anda dijamin dapat sukses bila dijalankan di tempat tersebut.

2. Membuka Toko Atk

Sebenernya usaha toko Atk ini seharusnya kita gabungkan dengan usaha foto copy, dan bagi anda yang sudah punya modal sebaiknya satukan usaha jual atk ini di usaha foto copy biar semakin oke usaha anda.Dengan ini kita bisa memenuhi kebutuhan mereka, yang mana buku,pensil,pulpen dan lain sebagainya itu adalah bagian dari anak sekolahan.Dengan begitu usaha anda tersebut tentunya bakalan semakin diminati oleh mereka,karena memang mereka membutuhkan apa yang anda jual tersebut.

3. Usaha Kos-Kosan

Tidak dapat dipungkiri bahwa tempat kos itu sangat di butuhkan sekali bagi mereka dan terlebij lagi bagi murid atau siswa siswi yang rumahnya jauh dari sekolahan.Jadi usaha kos-kosan ini juga bisa anda jalankan dan sangat cocok bila dekat sekolahan.Anda tinggal gunakan saja kamar dalam rumah anda untuk tempat kos mereka.Pastinya usaha kos anda akan sukses dan dapat penghasilan terus setiap bulannya.

4. Konter Pulsa

Membuka usaha konter pulsa dekat area sekolah juga sangat cocok,pasalnya anak sekolah juga sekarang ini sudah punya ponsel semua dan ponsel mereka juga butuh di isi pulsa.Sehingga hal tersebut bisa kita manfaatkan untuk usaha.Selain cocok di sekitaran sekolah.Usaha jualan pulsa juga sangat menjanjikan untuk besar serta bisa kita jalankan dengan modal kecil atau minim sekali.Pas bangat buat anda yang ingin punya usaha tapi tidak punya modal yang banyak.

5. Usaha Warung Kuliner

Jika anda kurang tahu mengenai keempat hal di atas dan lebih tahu dengan usaha warung makan,maka usaha tersebut juga bisa anda jalankan di sekitar sekolah.Anak sekolahan juga membutuhkan jajanan sehat dan bergisi, sehingga dengan adanya warung kuliner anda tersebut,maka kebutuhan mereka akan hajan terpenuhilah sudah.Jadi, tidak dapat dipungkiri kalau usaha yang satu ini juga sangat cocok di jalankan di lingkungan sekolah maupun dekat perkampusan.

6.Usaha Warnet

Dan satu lagi contoh peluang usaha yang cocok dijalankan di sekitar lingkungan sekolahan yaiti usaha warnet.Para siswa juga membutuhkan informasi atau hal lain yang berhubungan dengan pelajaran mereka.Sehingga jika anda menyediakan warnet,maka hal tersebut sangat cocok dan pas sekali untuk anda membuka usaha di lingkungan sekitar sekolah.(usha modal500.blogspot.c0m)
7. Mencontohkan spesifikasi produk pada peluang usaha tersebut 
Buka Bisnis Elektronik untuk Pemula dengan Modal Kecil
Dalam membuka usaha elektronik tidaklah mudah. Apalagi bagi seorang pemula. Diperlukan tahapan dan langkah-langkah dalam memulai usaha elektronik. Untuk lengkapnya berikut ini cara buka bisnis elektronik untuk pemula dengan modal kecil dari awal sampai siap buka, antara lain:
1. Menentukan jenis produk
Ada banyak jenis barang elektronik yang bisa sobat jual secara online dan offline. Seperti kulkas, penanak nasi, playstation, oven, blender, mixer, kipas angin, mesin cuci, laptop, komputer, televisi, antena parabola beserta receiver, radio, air conditioning atau penyejuk ruangan, audio system hingga perabotan rumahtangga lainnya.

Dalam menentukan jenis produk maka anda harus memilih jenis produk elektronik yang sedang booming dan laris manis. Contohnya game console seperti PS yang sedang marak belakangan ini. Para penggemar game online di tanah air sangat besar di Indonesia dan seluruh dunia sehingga pangsa pasar penjualan game console luas sekali. Keuntungan dari berjualan game console misal playstation secara online cukup besar perhari.

2. Persiapan Modal
Setelah menentukan jenis produk elektronik yang hendak dijual baik itu satu macam atau beberapa macam, langkah berikutnya mempersiapkan modal usaha. Untuk membuka usaha elektronik dengan satu macam maka dibutuhkan modal kecil. Sebaliknya jika anda membuka usaha toko elektronik secara fisik dan online dengan berbagai macam barang elektronik yang dijual secara lengkap maka membutuhkan modal usaha yang cukup besar.

Untuk memperoleh modal usaha yang lumayan besar bagi pendirian toko elektronik online dan nyata maka anda bisa membuat proposal usaha elektronik. Kemudian mengajukan pinjaman uang kepada anggota keluarga, teman, sahabat, investor, kenalan dan lain sebagainya. Lalu langkah terakhir bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke lembaga perbankan. Seperti bank mandiri, BRI, BNI dan bank lainnya.

Pendek kata, membuka usaha elektronik secara nyata dan online membutuhkan modal usaha yang besar. Untuk toko elektronik online pastikan mempunyai tampilan web dan desain yang bagus dan terlihat profesional serta dapat dipercaya. Anda bisa menggunakan jasa desainer website yang handal yang bisa dicari di mbah google. Selain itu, persiapkan modal usaha untuk menggaji karyawan bagian teknologi informasi dan bagian marketing.  

Usaha Elektronik Tanpa Modal
Anda bisa saja menjalankan usaha elektronik tanpa modal. Namun anda terlebih dahulu harus mempunyai kenalan atau relasi terhadap distributor elektronik dan pemilik produk elektronik. Sehingga bisa menjalin kerjasama saling menguntungkan sistem konsinyasi. Dimana pemilik barang elektronik baik itu importir maupun produsen menitipkan produknya kepada anda. Tugas anda hanyalah menjualkan barang elektronik tersebut dengan selisih keuntungan sesuai yang diinginkan. Cara penjualan barang elektronik bisa secara online dan offline. Jika ada barang elektronik yang telah terjual maka anda tinggal menyetorkan uang hasil penjualan produk tersebut.

Cara lain usaha elektronik tanpa modal adalah jualan barang elektronik secara dropship. Terlebih dahulu anda mencari supplier produk elektronik yang terpercaya dan fast respon. Kemudian menjalin kerjasama sistem dropship. Selanjutnya tugas anda hanyalah mengupload foto produk elektronik yang dijual di media sosial, marketplace, blog dan lain-lain untuk tercipta penjualan. Setelah ada pemesanan barang elektronik maka anda bisa menghubungi supplier untuk mengirimkan barang elektronik bersangkutan ke alamat pemesan atas nama anda. Bagaimana mudah kan?

Kelebihan usaha jualan elektronik secara online adalah mempunyai tempat display produk elektronik secara tak terbatas. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi scrape yang bisa mengupload banyak gambar produk elektronik yang dijual dalam satu klik dan dimasukkan ke dalam satu situs. Walaupun usaha elektronik bisa dijalankan secara online. Namun tetap dibutuhkan toko fisik elektronik untuk mendukung penjualan onlinedan merasakan bentuk penampilan barang elektronik yang dijual.

3. Promosi usaha elektronik
Selepas anda mempunyai toko elektronik online dan fisik, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi mengenai keberadaan toko online elektronik sobat dengan cara menggunakan teknik seo google, facebook marketing, memasang promosi di marketplace olx, bukalapak, tokopedia, promosi gratis di  medsos seperti google plus dan twitter, yang pastinya promosi usaha diusahakan tertarget kepada pasar yang dituju.

4. Unik
Persaingan usaha toko elektronik online sangat ketat. Sehingga anda harus memberikan keunikan dari produk elektronik yang dijual. Keunikan dalam bentuk pelayanan maupun bentuk barang elektronik yang dijual. Hal ini benar benar diperlukan supaya calon pembeli mengetahui bahwa barang elektronik yang anda jual tidak ada di toko online dan toko fisik lain.  Contoh menyediakan pembelian barang elektronik secara angsuran online.

5. Pengiriman barang
Masalah pengiriman barang elektronik harus diperhatikan. Sebab produk elektronik cukup besar dan sangat rentan rusak jika terjadi benturan. Oleh karena itu, sobat harus menjalin kerjasama dengan perusahaan ekspedisi pengiriman barang yang mempunyai reputasi bagus, tepat waktu dan cepat. Supaya barang elektronik yang dipesan sesuai pesanan, selamat dan mulus di tangan konsumen.  
  

Komentar

Postingan populer dari blog ini